Wednesday, March 13, 2013

2013 : Kab. Blitar, Siap Laksanakan Penanganan Lahan Kritis di 5 Lokasi

Koordinasi dan diskusi bersama Bappeda, Dinas Kehutanan dan Perkebunan dengan Bantek PLKSDA-BM Propinsi Jawa Timur terkait pelaksanaan program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat tahun 2013 di Kabupaten Blitar

Persiapan Kabupaten Blitar dalam melaksanakan Program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat tampaknya sudah dipersiapkan secara matang. Bappeda Kabupaten Blitar sebagai leading sector dan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Blitar sebagai teknis sudah mengadakan sosialisasi tingkat kabupaten bagi kelompok tani calon pelaksana program, aparat desa lokasi program dan pemerintah kecamatan. Hal ini sesuai monitoring yang dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2012 kemarin.

Kabid perekonomian Bappeda Kab. Blitar (Bpk. Drs. Budi Santoso) menjelaskan kesiapan dan dukungan penuh terhadap pelaksanaan program penanganan lahan kritis dan sumber daya air tersebut karena selain program ini berbasis masyarakat dan masyarakat dapat berpartisipasi juga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat di sekitar lokasi tidak hanya sehari dua hari melainkan selama bertahun tahun (bahkan 20 tahun lebih).

Situasi di lokasi program disampaikan oleh Bpk. Masna, SHut, MM (Kasi Kehutanan Dishutbun Kab. Blitar), sudah menyiapkan untuk pengukuran lahan dan akan diadakan sosialisasi ke seluruh petani penggarap. Kelompok Tani sudah dibentuk atau direvitalisasi di awal tahun 2013 lalu.

Perlu diketahui bahwa lahan yang dijadikan lokasi Program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis masyarakat (PLKSDA-BM) yang diluncurkan Subdit Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Air (P2SDA) Kementerian Dalam Negeri adalah :
  1. Dusun Selok, Desa / Kecamatan Binangun, seluas 5 hektar
  2. Dusun Sambirejo, Desa / Kecamatan Binangun, seluas 3 hektar
  3. Dusun Kalisudo, desa Sumberkembar, Kecamatan Binangun, seluas 3 hektar
  4. Dusun Balerejo 1 A, desa Balerejo, Kecamatan Panggungrejo, seluas 3 hektar
  5. Dusun Balerejo 1 B, Desa Balerejo, Kecamatan Panggungrejo, seluas 8 hektar


No comments:

Post a Comment