Wednesday, April 17, 2013

Sosialisasi Program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat


Tahun 2013, merupakan tahun kedua pelaksanaan Program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat (PLKSDA-BM) di Propinsi Jawa Timur.  Tahun pertama, 2012, peserta program PLKSDA-BM di Propinsi Jawa Timur ada 2 (dua) kabupaten, yaitu Kabupaten Bangkalan dan Bondowoso. Dan pada tahun kedua ini bertambah 3 (tiga) kabupaten : Kabupaten Jember, Probolinggo dan Blitar. Sedangkan tahun berikutnya, 2014, Propinsi Jawa Timur hanya bertambah 1 (satu) kabupaten saja, Kabupaten Ngawi.


Bappeda Propinsi Jawa Timur, April 2013 mengadakan Sosialisasi program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat (PLKSDA-BM) di Hotel Cendana, Surabaya. Sebagai peserta adalah seluruh Satker Pelaksana Program (6 kabupaten), Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) dan Kelompok Tani. Dalam kesempatan itu, disampaikan dua materi pokok yang berkaitan dengan Budidaya Tanaman Buah, Kayu dan Sela sebagai penunjang peningkatan pendapatan masyarakat dan Peranan Kelompok Tani dan TPM dalam Program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat. 

Selain materi - materi yang terkait dengan Program PLKSDA-BM, juga diadakan Bimbingan atau fasilitasi penyusunan Annual Work Plan (AWP) program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air berbasis Masyarakat Tahun Anggaran 2014. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai persiapan seluruh kabupaten pelaksana dalam menyusun anggaran agar supaya rencana anggaran yang disusun lebih matang. Penyusunan ini juga terkait dengan Time Schedul dan Rencana Penyerapan Anggaran (RPA) pelaksanaan program. Kegiatan ini difasilitasi oleh Bappeda propinsi Jawa Timur dan Bantuan Teknis PLKSDA-BM Propinsi Jawa Timur.

No comments:

Post a Comment