Saturday, September 22, 2012

TPM Bersiap Lari Cepat

Suatu program yang berbasis masyarakat dalam menangani lahan kritis, tepatnya lahan potensial kritis, merupakan program terpadu antara berbagai pemangku tanggung jawab adanya sumberdaya air dan lahan. Tidak hanya pemerintah saja, tetapi swasta dan masyarakat juga harus terlibat atau melibatkan diri. Kalau hanya satu sisi saja yang bertanggung jawab, sementara pihak lain hanya menjadi penonton atau bahkan merusak maka sejuta program apapun tiada arti bagi penanganan lahan dan air.
Program PLKSDA-BM ini merupakan salah satu atau sedikit dari langkah penanganan sumberdaya lahan dan air dari ambang kekritisan. Ya... harapan kami program ini berjalan sesuai dengan petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis yang telah disepakati bersama.
Para pendamping kelompok tani (Tenaga Pendamping Masyarakat - TPM) memegang peranan kunci dalam keberhasilan program ini. Mereka yang menjadi ujung tombak terlaksananya program ini sesuai dengan tujuannya. mereka sebagai fasilitator, mediator, motivator dan penggerak masyarakat dampingannya untuk selalu konsen melaksanakan program ini dengan sebaik - baiknya.
Petani yang antusias dan TPM yang handal menjadikan keyakinan saya atas keberhasilan pelaksanaan program yang terfokus pada penanganan sumberdaya lahan dan air ini. Konsep agroforestry yang diterapkan tentunya tidak hanya berdampak pada normalisasi lahan dan sumbedaya air saja, tetapi juga roda ekonomi para petani.
Petani dapat memperoleh pendapatan dari tanaman semusim dan dalam jangka 3 - 5 tahun sudah mendapatkan tambahan income dari tanaman buah. waah... betapa hebatnya kalau itu bisa terwujud. kelompok tani yang sudah terbentuk harus lebih profesional, tidak hanya sekumpulan orang yang hanya melaksanakan budidaya saja tetapi lebih berorientasi pasar dan berjiwa "corporation".
Ayoo kawan - kawan TPM dan saudara - saudara Satker pelaksana program PLKSDA-BM segera berlari secepatnya untuk merealisasikan rencana yang sudah disusun. berlari dan bekerja dengan cerdas.. harapan itu akan dapat kita raih.

No comments:

Post a Comment